Rapat Terbatas Tanggal 2014-01-05 Jam 13:00:00

Rapat Terbatas | Tanggal 05 Januari 2014 | Pukul 13:00:00
Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg

Saudara Wakil Presiden dan peserta Rapat Kabinet Terbatas. Meskipun hari ini hari libur, hari Minggu, tetapi tidak menghalangi kita untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.

Kemarin, hari Sabtu, Wakil Presiden juga telah memimpin pertemuan untuk membahas isu yang sedang kita tangani ini. Kemarin sore, Wakil Presiden juga sudah menjelaskan kepada saya apa yang sudah dihasilkan dalam pertemuan kemarin di Jakarta, termasuk opsi yang tersedia dan solusi apa yang bisa kita pilih dan tempuh.

Oleh karena itu, karena saya juga terus berkomunikasi sebetulnya sejak kemarin hingga hari ini, saya tidak akan mundur ke belakang, karena yang penting bagi kita sekarang ini, solusi apa yang patut kita pilih dan kemudian kita jalankan. Kira-kira itu intinya, dan manakala masih ada keperluan kita, misalnya untuk melakukan komunikasi dengan BPK, itupun dapat atau barangkali juga perlu kita lakukan karena setiap kebijakan ataupun keputusan tentu diniati atau diniatkan untuk tujuan yang baik.

Saya boleh mengatakan barangkali Pertamina ketika mengambil keputusan untuk menaikkan harga elpiji 12 kg itu tentu dengan petimbangan-pertimbangan tertentu, artinya tidak serampangan. Meskipun itu kewenangan Pertamina, sesuai dengan aturan yang berlaku, dan memang tidak diperlukan persetujuan Presiden, tetapi karena situasinya sekarang menjadi perhatian publik yang cukup luas, oleh karena itu, Pemerintah memandang perlu untuk mengelola persoalan ini, sambil pula mencari solusi yang paling tepat. Tepat untuk ekonomi kita, tepat untuk rakyat kita dan tentunya tepat untuk bersama-sama membangun negara ini ke arah yang lebih baik.

Itu pengantar saya. Nanti kita akan mendengarkan sejumlah penjelasan yang kita perlukan sebelum kita ambil langkah yang tepat, dan saya putuskan nanti kira-kira dari perspektif pemerintah, solusi seperti apa yang tepat untuk kita jalankan. Terima kasih.