Rapat Terbatas Tanggal 2014-01-23 Jam 20:30:00

Rapat Terbatas | Tanggal 23 Januari 2014 | Pukul 20:30:00
Solusi dan Kebijakan Penanganan Dampak Erupsi Gunung Sinabung

Bismillahirrahmanirrahim.

Saudara-saudara, malam hari ini sebagaimana yang saya sampaikan tadi, sebelum saya tetapkan kebijakan kita untuk mengatasi dampak dari erupsi Gunung Sinabung, saya akan memberi kesempatan nanti kepada pejabat terkait untuk menyampaikan pandangan dan sarannya. Tentu kita terus mengelola permasalahan di sekitar Gunung Sinabung ini. Jadi kalau saya katakan kebijakan yang diambil oleh pemerintah bukan berarti baru kita lakukan langkah dan tindakan yang seharusnya. Pengelolaan dampak erupsi Gunung Sinabung telah dan terus kita lakukan.

Namun yang membedakan dengan bencana di tempat yang lain, di tempat ini antara lain adalah perlunya dilakukan relokasi untuk penduduk yang menempati tempat-tempat yang memang berbahaya. Yang kedua, perlu diberikan bantuan kepada para petani yang pertanian dan perkebunannya mengalami kerusakan akibat erupsi Gunung Sinabung. Sedangkan yang lain, bantuan dan pelayanan di tempat penampungan dan masalah-masalah yang berkaitan itu, itu juga kita lakukan di hampir semua daerah yang mengalami bencana.

Dengan demikian, kita akan fokus nanti untuk memastikan bahwa apa yang telah kita bicarakan di Jakarta dalam 2 (dua) kali Sidang Kabinet yang juga terus dikomunikasikan ke lapangan itu tepat, dan kemudian saya ambil keputusannya pada malam hari ini. Yang jelas nanti Saudara-saudara, setelah keputusan saya ambil, akan kita bagi mana tugas dan kewajiban pemerintah pusat, tugas dan kewajiban pemerintah provinsi, dan kemudian tugas dan kewajiban pemerintah kabupaten.

Yang kedua, setelah saya ambil keputusan nanti, maka kerangka waktu harus disusun dan kemudian sekaligus ada kendali untuk implementasi dari apa yang kita bahas pada malam hari ini yang akan saya tetapkan sebagai kebijakan komperehensif untuk mengatasi dampak erupsi Gunung Sinabung ini.

Dua hal itulah yang ingin saya sampaikan sebagai pengantar, dan untuk mempermudah pembahasan kita, nanti akan saya mulai pelaksanaan pengelolaan saudara-saudara kita yang masih berada di penampungan sebutlah 3 (tiga) bulan mendatang. Jika lebih cepat berhentinya erupsi Gunung Sinabung, tentu lebih cepat lagi. Tetapi untuk planning, barangkali baik kalau kita persiapkan 3 (tiga) bulan, dan tentu nanti BNPB sendiri dan pemerintah daerah akan berada di depan memastikan bahwa semua yang masih berada di penampungan itu mendapatkan pelayanan yang baik termasuk kesehatan dan pendidikan mereka.

Yang kedua, baru kita masuk kepada apa yang bisa negara berikan untuk saudara-saudara kita yang memang pertaniannya mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa mendapatkan panen apa-apa, katakanlah begitu. Saya katakan tadi, solusinya bisa solusi perbankan karena mereka memiliki utang biasanya dan bagaimana penyelesaian kredit dalam keadaan seperti ini. Itu mekanisme perbankan. Tetapi saya katakan, pemerintah juga harus membantu. Dengan demikian, jika ada keringanan dari segi perbankan dan kemudian ada bantuan dari pemerintah maka kesemuanya akan sangat membantu saudara-saudara kita. Itu yang akan kita bahas pada malam hari ini. Besarannya, peruntukannya, mana yang bisa dilakukan sekali lagi oleh jajaran perbankan dan kemudian pemerintah.

Yang ketiga atau yang terakhir nanti adalah relokasi. Tentu kewajiban Bupati dan Gubernur untuk memastikan bahwa mereka siap untuk dilakukan relokasi dan didata dengan baik. Setelah itu kita di Jakarta sudah memikirkan di mana tempat yang paling tepat, yang paling baik untuk dibangun settlement baru. Bukan hanya rumahnya tetapi juga tempat kehidupan yang baru. Setelah itu kita tetapkan anggarannya dan kemudian timeline-nya, kerangka waktunya.

Kewajiban daerah jelas nanti. Jadi kalau ada urusan, ada yang mau, ada yang belum, ada yang ini dan itu, daerah yang harus menyelesaikan. Sedangkan pusat, Menteri Kehutanan di sini juga hadir, sudah kita diskusikan di mana kemungkinan tempat hunian mereka yang tetap nanti. Berapa luas untuk berapa kepala keluarga termasuk anggarannya. Yang itu tanggung jawab pemerintah pusat. Saudara-saudara, kalau ini kita bisa lakukan seperti itu, policy-nya jelas, anggarannya jelas, siapa berbuat apa juga jelas maka, insya Allah akan efektif apa yang kita lakukan untuk mengatasi dampak erupsi Gunung Sinabung ini.

Itulah pengantar pertemuan saya pada malam hari ini, dan nanti setelah selesai jeda ini, saya akan mulai dari Menko Kesra dulu, ditambah nanti dengan BNPB. Sudah kita bahas di Jakarta Pak Agung, disampaikan lagi solusi jangka pendek, jangka menengah, kemudian yang 3 (tiga) wilayah tadi-- penampungan, mengatasi tempat pertanian yang rusak, dan kemudian rencana relokasi.

Begitu. Terima kasih.