Rapat Terbatas Tanggal 2014-03-07 Jam 09:30:00

Rapat Terbatas | Tanggal 07 Maret 2014 | Pukul 09:30:00
1. RUU Pemerintah Daerah; 2. RUU Pemilihan Umum Kepala Daerah 3. Undang-Undang desa 4. Undang-Undang Administrasi Kependudukan 5. Otonomi Khusus Papua-Papua Barat dan Aceh

Sebentar, saya hendak bicara sebentar saja. Saudara Wakil Presiden dan Peserta Rapat Terbatas Kabinet yang saya cintai, meskipun sekarang situasi nasional diwarnai dengan kegiatan persiapan pemilu legislatif, tetapi tugas-tugas kenegaraan dan tugas-tugas pemerintahan tidak boleh terhenti dan tidak boleh terganggu. Oleh karena itu, saya mengajak semua, sebagaimana yang beberapa kali saya sampaikan, agar  tugas dan pekerjaan kita harus terus berjalan dan jika ada masalah segera kita atasi.

Hari ini Mendagri akan melaporkan dan mempresentasikan sejumlah hal yang juga penting dalam kehidupan berpemerintahan dan bernegara ya. Tentu kita akan membahas implementasi sejumlah undang-undang, karena penting. Meskipun undang-undangnya telah ada, tapi kalau tidak diimplementasikan dengan baik, baik pada tingkat pusat maupun tingkat daerah, tentu hasilnya tidak segera dirasakan oleh rakyat kita, misalnya Undang-Undang tentang Desa.

Demikian juga sejumlah RUU, itu ditunggu oleh masyarakat untuk bisa segera dibahas antara pemerintah dengan DPR-RI, mengingat urgensi dan kepentingan dari undang-undang yang sedang kita rancang ini, misalnya RUU tentang Pilkada, RUU tentang pemerintahan daerah. 

Di samping itu, kita mengetahui bahwa pembangunan di Aceh dan di Papua serta Papua Barat itu juga memerlukan perhatian yang seksama. Dalam arti, di samping undang-undangnya tentu tepat, kebijakan dan program aksinya tepat. Demikian juga alokasi anggaran dan penggunaan anggaran bagi daerah itu juga mesti dikelola dengan baik.

Itu semua adalah tugas dan tanggung jawab pemerintah pusat maupun daerah yang hasilnya akan sangat dirasakan oleh rakyat kita.

Beberapa saat yang lalu, kita pernah bertemu di Bogor untuk membicarakan hasil evaluasi Undang-Undang Otonomi Khusus untuk Papua dan Papua Barat. Ini penting. Oleh karena itu, mesti segera kita acarakan dan rampungkan.

Pemerintah berharap, DPR-RI, meskipun saya tahu juga tengah sibuk karena bulan ini dan bulan depan adalah puncak kegiatan pemilu legislatif, tetapi tugas-tugas ini, harapan pemerintah juga bisa dilaksanakan secara bersama.

Itulah sejumlah agenda yang akan kita acarakan pada rapat terbatas hari ini. Dan nanti pada saatnya Mendagri bisa menjelaskan kepada rakyat melalui insan pers, apa yang sedang kita lakukan dan kemudian apa yang hendak kita capai, terutama delapan bulan mendatang atau periode akhir dari masa bakti Kabinet Indonesia Bersatu II ini.

Demikian Saudara-saudara pengantar saya, dan nanti saya persilakan, Menko mau memberikan pengantar? Langsung Mendagri yang akan menyampaikan presentasinya. Terima kasih.

(HUMAS SETKAB)