Rapat Terbatas Tanggal 2014-10-30 Jam 00:00:09

Rapat Terbatas | Tanggal 30 Oktober 2014 | Pukul 00:00:09
Masalah Bidang Perekonomian

Pengantar Presiden Republik Indonesia Pada Rapat Terbatas Bidang Perekonomian, Kamis 30 Oktober 2014 Pukul 09.00 WIB, Di Kantor Presiden, Jakarta

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati Bapak Wakil Presiden, Ibu dan Bapak sekalian, seluruh Menko dan Menteri yang hadir.


Pagi hari ini saya ingin menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan masalah perpajakan, masalah subsidi, dan masalah pembiayaan. Dan terutama saya kira yang paling penting adalah menumbuhkan sebuah persepsi pasar, menumbuhkan optimisme pasar bahwa kita memang siap untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada. 


Beberapa kali sudah kita hitung hal yang berkaitan dengan perpajakan. Ternyata dari sisi potensi itu masih sangat besar sekali peluangnya, sehingga saya kira itulah yang harus segera kita kerjakan. Dan kalau kita melihat tax ratio selama sepuluh tahun ini, hanya naik 0,1 persen. Dan selama 2005-2013 untuk penerimaan pajak tidak pernah tercapai. Kemudian juga tax coverage ratio, hanya sekitar 53 persen dan PPn yang paling potensial hanya 50 persen. Angka-angka seperti ini harus kita cermati sehingga penerimaan negara, saya sangat optimis sekali, bisa ditingkatkan.