Rapat Terbatas Tanggal 18 December 2017 Pukul 16:30:00

Rapat Terbatas | Tanggal 18 Desember 2017 | Pukul 16:30:00
Persiapan Natal dan Tahun Baru

Bismillahirrahmanirrahim.

          Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh.

          Selamat sore, salam sejahtera bagi kita semuanya.

          Meskipun ini adalah sesuatu yang rutin, yang setiap tahun kita alami, tetapi pada Ratas (Rapat Terbatas, red.), sekali lagi sore hari ini Rapat Terbatas akan melihat persiapan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian bersama.

          Yang pertama, mengenai ketersediaan bahan-bahan pokok dan stabilitas harga pangan. Sekali lagi, ini juga sudah rutin kita lakukan. Tetapi apa pun harus kita antisipasi, mengingat telah terjadi cuaca ekstrem serta bencana di beberapa daerah, sehingga ketersediaan dan stabilitas harga pangan perlu mendapatkan perhatian yang serius. Juga soal kelancaran distribusi logistik, baik berupa pangan maupun BBM (Bahan Bakar Minyak, red.) dan juga elpiji.

          Yang kedua, saya juga minta diperhatikan terkait dengan pelayanan transportasi. Saya kira kita tahu tahun ini ada liburan yang sangat panjang, sehingga harus dipastikan layanan transportasi yang mudah dan gampang diakses oleh masyarakat yang aman, yang nyaman. Apalagi akhir tahun ini juga bertepatan dengan momen liburan sekolah, sehingga kebutuhan akan layanan transportasi semakin meningkat. Utamakan keselamatan warga dalam menggunakan sarana transportasi, baik yang di darat, di laut maupun udara.

Terakhir saya minta Polri (Kepolisian Republik Indonesia, red.) dan TNI (Tentara Nasional Indonesia, red.), dibantu BIN (Badan Intelijen Negara, red.), untuk mengantisipasi terjadinya gangguan-gangguan keamanan dan ketertiban. Hadirkan rasa aman pada masyarakat dengan meningkatkan pengawasan, pengamanan terhadap tempat-tempat publik, tempat ibadah, bandar udara, pelabuhan, stasiun dan terminal bus. Saya juga minta agar masyarakat dilibatkan menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan kita masing-masing.

Saya kira itu sebagai pengantar yang bisa saya sampaikan. Saya persilakan Pak Menko (Menteri Koordinator, red.) untuk menyampaikan.