Sidang Kabinet Paripurna Tanggal 18 July 2018 Pukul 14:30:00

Sidang Kabinet Paripurna | Tanggal 18 Juli 2018 | Pukul 14:30:00
RAPBN Tahun Anggaran 2019

(Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro)

  1. Presiden memberikan arahan agar efisiensi belanja barang di RAPBN 2019 direalokasi ke program prioritas. Dalam Sidang Kabinet Paripurna dibahas mengenai program prioritas yang akan menjadi perhatian utama untuk realokasi tersebut.
  2. Presiden meminta realokasi yang pertama digunakan untuk pengembangan sumber daya manusia, seperti rehabilitasi sarana pendidikan, terutama untuk sekolah dasar/menengah, baik yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun yang ada dibawah Kementerian Agama.
  3. Yang kedua digunakan untuk penguatan pendidikan vokasi, baik yang di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Tenaga Kerja, maupun beberapa kementerian sesuai dengan bidangnya masing-masing.
  4. Yang ketiga digunakan untuk penanganan penurunan stunting, di mana pemerintah akan memberikan penguatan, terutama untuk bidang kesehatan dan juga infrastruktur sanitasi, atau air limbah.
  5. Selain tiga hal tersebut, ada juga beberapa program untuk pencapaian target dari RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional), baik terkait infrastruktur di Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan, maupun untuk promosi pariwisata, dan kesuksesan dari Pemilu 2019.
  6. Menteri PPN/Bappenas dan Menteri Keuangan akan membuat Surat Keputusan Bersama terkait Pagu Anggaran, dilanjutkan dengan Perpres dari Rencana Kerja Pemerintah 2019, yang nantinya akan diterjemahkan ke dalam Nota Keuangan dan RAPBN 2019.