Rapat Terbatas Tanggal 07 September 2018 Pukul 09:30:00

Rapat Terbatas | Tanggal 07 September 2018 | Pukul 09:30:00
Persiapan Kunjungan Kenegaraan Presiden ke Korea Selatan dan Vietnam

Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi)

  1. Kunjungan Kenegaraan Presiden ke Korea Selatan dan Vietnam akan dimulai tanggal 9 sampai dengan 11 September 2018.

 

  1. Kunjungan Kenegaraan Presiden ke Korea Selatan merupakan kunjungan balasan atas kunjungan Presiden Korea Selatan ke Indonesia pada bulan November 2017, sekaligus menandai 45 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Hal-hal yang dicapai dalam kunjungan ini antara lain:
  1. Memperkokoh hubungan pada tingkat pimpinan/kepala negara/kepala pemerintahan (leaders) untuk peningkatan hubungan yang saling menguntungkan.
  2. Menjaga dan memperkuat hubungan ekonomi kedua negara, terutama perdagangan dan invesatasi yang terus meningkat dan saling menguntungkan.
  3. Meningkatkan kerja sama hubungan yang baik antara generasi muda (the millenials) kedua negara.
  4. Memberikan dukungan yang konsisten dan terus-menerus pada proses perdamaian di Semenanjung Korea.

 

  1. Pada tanggal 11 September Presiden akan melanjutkan kunjungan kenegaraan ke Vietnam sekaligus menghadiri World Economic Forum on ASEAN di Hanoi.

 

  1. Beberapa hal yang akan dilakukan Presiden dalam kunjungan kenegaraan ke Vietnam antara lain:
  1. Fokus dalam penguatan kerja sama ekonomi, terutama penguatan investasi-investasi Indonesia yang sudah berada di Vietnam. Presiden juga ingin memastikan bahwa investor-investor Indonesia yang ada di Vietnam mendapatkan perhatian dari Pemerintah Vietnam.
  2. Fokus dalam penguatan ekspor. Presiden ingin menindaklanjuti pembicaraan dengan Perdana Menteri Vietnam mengenai masalah ekspor otomotif Indonesia ke Vietnam