Sidang Kabinet Paripurna Tanggal 2013-11-14 Jam 14:00:00

Sidang Kabinet Paripurna | Tanggal 14 November 2013 | Pukul 14:00:00
Pelaksanaan APBNP Tahun 2013 dan APBN Tahun 2014

Pointers Pengantar Presiden:

  1. Agenda pembahasan Sidang Kabinet Paripurna adalah membahas Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) Tahun 2013 dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2014.
  2. Dokumen resmi Undang-Undang tentang APBN Tahun 2014 telah ditandatangani oleh Presiden. Dengan demikian, APBN Tahun 2014 harus dijalankan dengan sebaik-baiknya.
  3. Kondisi ekonomi global, regional, dan nasional dapat dikatakan masih tetap bergejolak. Oleh karena itu, Presiden mengajak kembali kepada semua pihak untuk mengelolanya secara seksama, waspada, tidak lalai, responsif, dan antisipatif.
  4. Menteri Keuangan dalam presentasinya akan membahas dana optimalisasi yang diusulkan oleh DPR RI yang menjadi bagian dari APBN Tahun 2014. Pengalaman diwaktu lalu, penggunaan dana tersebut dapat menimbulkan masalah. Oleh karena itu, Presiden memerintahkan kepada kementerian/lembaga yang merasa mendapatkan dana baru yang berasal dari dana optimalisasi agar menjaga akuntabilitas dan governance-nya, sehingga tidak menimbulkan masalah baru. Pemerintah tidak menginginkan masalah penyalahgunaan anggaran terus terjadi lagi, baik yang menimpa para pejabat jajaran pemerintahan maupun para pejabat di parlemen. Oleh karena itu, pemerintah harus mengamankan penggunaan dana optimalisasi. Tujuan dari penggunaan anggaran harus ditujukan untuk kesejahteraan rakyat dan negara.
  5. Pastikan agar dana optimalisasi penggunaannya benar, administrasinya benar, dan sesuai dengan prioritas agenda pemerintah, misalnya sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP), Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN), dan APBN definitif.
  6. Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) akan menyampaikan presentasi terkait implementasi dan kinerja kementerian/lembaga, khususnya yang berkaitan dengan instruksi Presiden yang dikeluarkan pada awal atau pertengahan tahun 2013.
  7. Instruksi yang tidak dilaksanakan dengan baik dan kinerja yang tidak baik akan mengakibatkan pemerintahan ini merugi, oleh karena anggarannya sudah ada dan instruksinya jelas, tetapi implementasinya jauh dari sasaran yang ingin dicapai. Oleh karena itu, Kepala UKP4 agar menjelaskan hasil evaluasinya, sehingga kinerja kementerian/lembaga yang masih di bawah harapan dapat segera dipacu untuk diselesaikan.
  8. Beberapa isu yang sedang berkembang di ruang publik dan media massa, yaitu:
  9. Pengantar Presiden ini agar dijadikan sebagai dasar pedoman oleh para menteri dan dijalankan secara bersama agar tugas kementerian/lembaga dalam waktu 11 bulan mendatang dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.