Sidang Kabinet Paripurna Tanggal 2013-07-18 Jam 14:00:00

Sidang Kabinet Paripurna | Tanggal 18 Juli 2013 | Pukul 14:00:00
Persiapan Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1434 H

Pointers Pengantar Presiden:

1. Agenda pembahasan Sidang Kabinet Paripurna adalah Persiapan Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1434 H, terkait dengan rencana kesiapan pengamanan dan pelayanan mudik lebaran.

  1. Masalah mudik lebaran agar tidak dianggap tugas rutin oleh pemerintah. Oleh karena itu, jajaran pemerintah perlu menganggapnya sebagai operasi tersendiri dan harus disukseskan, karena dari tahun ke tahun permasalahannya tidak selalu sama.

3. Pada tingkat pengamanan, artinya ketika mudik lebaran dapat berlangsung secara aman, tertib, dan lancar. Apabila setiap tahun tidak dapat mencegah musibah terjadinya kecelakaan, maka pemerintah harus bertekad untuk mengurangi angka kecelakaan tersebut.

4. Pelayanan yang baik, misalnya menyediakan sarana transportasi, baik darat, laut, maupun udara, pengaturan lalu lintas termasuk tempat yang sering terjadi kemacetan, tindakan medis dapat dilakukan dengan cepat, ketersediaan bahan bakar dan infrastruktur dipastikan tidak menghambat pelaksanaan mudik.

5. Jalur rawan terjadinya kecelakaan adalah Pantai Utara (Pantura) atau tempat penyeberangan perlu dilakukan operasi total.

  1. Pemerintah diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada rakyat, karena akan memiliki makna yang besar kepada para pemudik dan dapat menggerakan ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah harus memberikan pengamanan yang terbaik.

7. Pemerintah diharapkan dapat menjaga stabilitas harga bahan pokok dengan sebaik-baiknya.

8. Dalam waktu H-7 akan melakukan pertemuan untuk memastikan kesiapan mudik lebaran dan Presiden akan turun ke lapangan untuk memastikan lebih lanjut