Sidang Kabinet Paripurna Tanggal 2013-08-02 Jam 13:00:00

Sidang Kabinet Paripurna | Tanggal 02 Agustus 2013 | Pukul 13:00:00
Persiapan Akhir Menyambut Hari Raya Idul Fitri 143 H

1.  Agenda pembahasan Sidang Kabinet Paripurna adalah  Persiapan Akhir Menyambut Idul Fitri 1434 H/2013 M.

2.  Sebelumnya, agenda ini pernah dibahas dalam Sidang Kabinet Paripurna beberapa waktu lalu, namun hari ini topik tersebut kita bicarakan kembali agar semua persiapan benar-benar sudah matang. Hari Senin, tanggal 5 Agustus 2013, Presiden akan melaksanakan pengecekan di lapangan terhadap sejumlah obyek persiapan. Presiden mengharapkan dalam pengecekan akhir tersebut, semua pihak dapat memastikan agar semua berjalan dengan lancar dan tidak mengalami hambatan.

3.  Presiden dan rombongan baru melaksanakan kunjungan ke Jawa Timur dalam rangka Safari Ramadhan. Kegiatan Safari Ramadhan, seperti halnya tahun sebelumnya, untuk melihat aktivitas kegiatan komunitas-komunitas tertentu yang kebanyakan golongan menengah ke bawah. Obyeknya beragam antara lain pertanian, perikanan, perkebunan, perburuhan, kesehatan dan pendidikan.

4. Ada kemajuan yang cukup signifikan di tingkat masyarakat Jawa Timur walaupun masih ada kekurangan, namun kemajuan perkembangan pembangunan di Jawa Timur sangat riil dan nyata. Hal tersebut diketahui saat dalam beberapa kesempatan Presiden melakukan dialog langsung dengan masyarakat saat peninjauan, tidak ada permintaan yang tidak logis. Seluruh program pembangunan dilaksanakan dengan sinergis antara pemerintah dengan masyarakat.

5. Presiden menginstruksikan beberapa menteri terkait untuk melakukan percepatan pembangunan  5 Kabupaten yang tertinggal yang ada di Jawa Timur.

6. Yang telah dilakukan oleh Pemerintah selama 9 tahun telah dirasakan oleh masyarakat, namun wajar bila masih ada kekurangan, masih ada masalah. Untuk itu kepada para Menteri segera untuk bekerja keras menyelesaikan masalah-masalah tersebut di sisa waktu Kabinet Indonesia Bersatu II.

7. Presiden dalam kunjungan ke Jawa Timur kemarin berdialog dengan Ulama Madura didampingi Menteri terkait dan jajaran Pemerintah Provinsi terkait kasus Sampang. Insya Allah ada jalan walaupun perlu waktu, karena pertemuan berjalan positif dan konstruktif sehingga diharapkan ada penyelesaian yang solutif bagi semua pihak.

8. Hasil yang dirilis oleh BPS terkait pertumbuhan ekonomi, menjadi dasar bagi pemerintah untuk melakukan langkah-langkah yang tepat agar pertumbuhan ekonomi tahun ini idak terlalu meleset dari apa yang telah direncanakan. Data yang dirilis tersebut juga menjadi dasar bagi perencanaan di masa mendatang agar lebih tepat sasaran.