Rapat Terbatas Tanggal 2014-02-14 Jam 00:09:30

Rapat Terbatas | Tanggal 14 Februari 2014 | Pukul 00:09:30
Pasca Letusan Gunung Kelud

  1. Agenda Rapat Terbatas membahas kegiatan tanggap darurat akibat letusan Gunung Kelud yang terjadi pada tanggal 13 Februari 2014 pukul 22.50 WIB.
  2. Presiden telah mendapatkan penjelasan dari Menteri ESDM dan Dr Surono mengenai terjadinya letusan Gunung Kelud mengenai upaya yang telah dilakukan, dan dampak yang terjadi hingga di Jawa Timur dan Jawa Tengah karena adanya abu yang menggangu penerbangan zona tersebut.
  3. Presiden telah berbicara dengan Kepala BNPB dan Gubernur Jawa Timur serta memberikan instruksi kepada Panglima TNI dan  Kapolri agar meningkatkan intensitas dan ekstensitas bantuannya.
  4. Presiden mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI, BNPB, Polri, ESDM, dan pemerintah daerah atas respons yang cepat sehingga korban jiwa dapat dihindari. Hal ini patut disyukuri dan dapat dijadikan pelajaran, apabila masyarakat mematuhi apa yang disampaikan oleh pemerintah, jatuhnya korban jiwa dapat dihindari. Budaya seperti ini harus dijaga untuk mematuhi apa yang sampaikan oleh pemerintah.
  5. Pemerintah sedang melakukan upaya tanggap darurat di lapangan.
  6. Fokus rapat ini akan mendengarkan laporan dari Menteri ESDM dan Dr Surono tentang situasi terkini dan apa yang dapat terjadi di kemudian hari, sehingga upaya tanggap darurat dan bantuan pemerintah pusat menjadi tepat.
  7. Kasad, Kasau, Kasal dan Kasum TNI dihadirkan pada rapat hari ini agar bantuan dapat disesuaikan dan mendukung kegiatan tanggap darurat di lapangan.
  8. Penerbangan di Madiun, Surabaya, Malang Solo, dan Yogyakarta masih ditutup. Presiden akan meninjau ke lokasi pada hari ketiga atau keempat. Pada dua hari ini akan fokus pada kegiatan tanggap darurat dilapangan.
  9. Sekretaris Kabinet mengajukan draf Keprres untuk pengangkatan Dr. Surono untuk menjadi Kepala Badan Geologi di Kementerian ESDM dan telah menandatangani.
  10. Presiden berharap agar dengan adanya tugas baru tersebut, Dr. Surono dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Dr. Surono adalah tokoh yang memiliki pengetahuan yang luas tentang kegunungapian dan pakar vulkanologi pada tingkat internasional.

Kedeputian Persidangan Kabinet, Sekretariat Kabinet