Rapat Terbatas Tanggal 2014-03-19 Jam 15:00:00

Rapat Terbatas | Tanggal 19 Maret 2014 | Pukul 15:00:00
1. Penanganan Bencana Asap Riau; 2. Kampanye Pemilu Legislatif dari Aspek Keamanan; 3. Isu Pesawat Airlines yang terkait dengan Indonesia

Pointer pengantar Presiden:
1. Agenda Rapat Terbatas membahas:
a. Kegiatan lanjutan operasi tanggap darurat untuk mengatasi bencana asap dan kebakaran hutan di Provinsi Riau;
b. Upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di seluruh tanah air sebagai bagian dari tugas negara untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) berlangsung secara aman, tertib, dan lancar. Kapolri akan memberikan laporan terkait masalah tersebut;
c. Terkait permintaan pemerintahan Malaysia kepada Indonesia untuk ikut membantu mencari pesawat yang hilang. Presiden ingin mendengarkan perkembangannya melalui Menteri Luar Negeri dan pejabat terkait.
2. Presiden selalu mengikuti perkembangan dari media massa nasional dan internasional perihal hilangnya pesawat Malaysian Airlines. Kemudian, ada himbauan bahwa bagi negara yang memiliki warga negara yang ikut menaiki pesawat tersebut agar memberikan profilenya. Presiden telah mendapatkan laporan dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan bahwa tidak ada profile warga negara Indonesia yang mencurigakan, sehingga tidak perlu timbul kecurigaan. Hal ini perlu dikomunikasikan secara gamblang, jelas, dan tegas, sehingga tidak ada spekulasi dan berita yang tidak benar.
3. Terkait dengan operasi tanggap darurat di Riau, Presiden telah meninjau langsung ke lokasi dan memberikan instruksi bahwa selama tiga minggu kedepan Satgas yang melaksanakan operasi terpadu tersebut harus mengupayakan agar asap harus hilang dan api harus padam. Upaya tersebut harus dituntaskan dalam waktu yang telah ditetapkan. Hal terpenting lainnya adalah pada bulan April hinggap Oktober 2014 akar masalah dan penyebab utama dari penyebab terjadinya kebakaran ladang dan bencana asap di Provinsi Riau harus diselesaikan, sehingga tidak terjadi kebakaran hutan setiap tahunnya.
5. Pada tanggal 20 Maret 2014, akan direncanakan pertemuan antara pemerintah dengan lembaga negara dan tanggal 21 Maret 2014, Presiden ingin mendengarkan laporan dari Menteri Keuangan dan menteri terkait pengelolaan ekonomi. Hal tersebut penting karena  pengelolaan ekonomi harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, terutama yang berkaitan dengan stabilitas harga atau ketersediaan bahan pokok, karena berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu yang kian menghangat yang dikhawatirkan akan menimbulkan ekses.

 

Kedeputian Persidangan Kabinet, Sekretariat Kabinet.