Rapat Terbatas Tanggal 2014-04-02 Jam 11:00:00

Rapat Terbatas | Tanggal 02 April 2014 | Pukul 11:00:00
1. Masalah Listrik di Sumatera Utara; 2. Masalah Bandar Udara Ahmad Yani di Semarng, Jawa Tengah.

  1. Agenda Rapat Terbatas membahas Masalah Listrik di Sumatera Utara dan Masalah Bandar Udara Achmad Yani di Semarang, Jawa Tengah.

  2. Presiden ingin mendapatkan laporan atas tindak lanjut pengembangan dan peningkatan kapasitas Bandar Udara Achmad Yani di Semarang.

  3. Presiden mengetahui bahwa pembangunan sempat terhenti karena tidak ada kesesuaian diantara pihak-pihak terkait, termasuk antara pemerintah pusat dan daerah. Namun, Presiden merasa senang bahwa setelah Presiden mengeluarkan instruksi pada tanggal 14 Maret 2014 telah dilakukan pembahasan yang intensif dan ada solusi. Presiden menghimbau pembangunan bandar udara tersebut untuk peningkatan kapasitas segera dilaksanakan, karena telah lama ditunggu-tunggu.

  4. Berkaitan dengan peningkatan daya listrik di Sumatera Utara, ada shortage yang diharapkan adanya peningkatan untuk memenuhi kebutuhan saat ini sebesar 1800 megawatt, sedangkan daya listrik yang baru dapat di supply sebesar 1600 megawatt.

  5. Masalah terebut telah dicek bahwa shortage tersebut diakibatkan oleh peningkatan industri komersial dan industri rumah tangga yagn cukup tajam, sehingga masalah tersebut memerlukan solusi jangka pendek, menengah, dan panjang. Presiden telah berbicara dengan Gubernur Sumatera Utara, menteri terkait, dan Direktur Utama PLN untuk dilaporkan solusinya.

  6. Pada tanggal 14 Maret 2014, Presiden telah meresmikan pembangunan proyek pipa LNG di Kepodang, Semarang dan pada tanggal 27 Maret 2014 Presiden telah meresmikan Bandar Udara Internasional Kualanamu. Presiden ingin semua berjalan, sehingga dalam sisa masa kabinet ini proyek yang dapat diselesaikan segera diselesaikan.

  7. Presiden menyatakan belasungkawa atas wafatnya Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka periode 2003-2013,  Azrul Azwar. Beliau merupakan tokoh yang telah membawa perubahan, karena telah menjalankan tugas dari Presiden untuk melakukan revitalisasi gerakan Pramuka dengan baik.