Sidang Kabinet Paripurna Tanggal 2014-04-17 Jam 14:00:00

Sidang Kabinet Paripurna | Tanggal 17 April 2014 | Pukul 14:00:00
Pasca Pemilu dan Persiapan pemilihan Presiden serta Percepatan Pembangunan

  1. Agenda Sidang Kabinet Paripurna membahas:
    1. Pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) yang telah dilaksanakan;
    2. Persiapan Pemilihan Presiden;
    3. Percepatan pembangunan. Pemerintah ingin melihat kembali program pemerintah yang penting dan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya hingga akhir masa bakti kabinet. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Keuangan akan mempresentasikan tentang situasi ekonomi terkini dan program prioritas yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi.
  2. Pileg telah dilaksanakan dan hasilnya sudah diketahui. Dalam kapasitas Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai pimpinan salah satu partai politik, pada tanggal 9 April 2014 telah menyampaikan bahwa Pileg yang telah dilaksanakan secara aman dan demokratis. Hasilnya pemungutan suara dapat diterima sepenuhnya. Bapak SBY telah mengucapkan selamat kepada partai politik yang memiliki perolehan suara yang relatif tinggi, sehingga diharapkan dapat menjadi contoh dan tradisi politik yang baru.
  3. Dalam berkompetisi, ada yang menang dan kalah atau berhasil dan belum berhasil. Bagi pihak yang kalah harus menerima dengan penuh lapang dada. Bagi pihak yang menang harus bersyukur dan dapat memberikan contoh perilaku politik yang baik.
  4. Satu hal yang perlu disyukuri terhadap pelaksanaan Pileg adalah apresiasi kepada para penyelenggara Pileg terutama jajaran KPU, Bawaslu, jajaran pemerintah, partai politik, para calon legislatif, calon Presiden, dan masyarakat luas karena telah memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap proses pematangan politik dan demokrasi, sehingga Pileg dapat berlangsung secara aman dan damai. Selain itu, apresiasi diberikan juga kepada jajaran TNI dan Polri, karena telah mengamankan pelaksanaan Pileg.
  5. Sebentar lagi, akan dilaksanakan pemilihan Presiden. Apabila pemilihannya berlangsung 1 putaran, maka pada tanggal 9 Juli 2014, Indonesia akan memiliki Presiden yang baru, meskipun pelantikannya menunggu hingga tanggal 20 Oktober 2014. Apabila berlangsung 2 putaran, maka pada bulan September akan diketahui Presiden baru.
  6. Harapan rakyat adalah pemilihan Presiden dapat berlangsung secara aman dan demokratis. Presiden menerima banyak SMS dari semua pihak yang ikut bertanggung jawab terhadap keberlangsungan kehidupan demokratis. Faktanya bahwa Pemilu telah berjalan dengan aman dan demokratis, masyarakat telah memberikan kontribusi terhadap penyelenggaraan Pemilu. Apabila terjadi penyimpangan dan hal ini dibiarkan tetap berjalan, maka tidak dapat dianggap wajar. Aturan dan mekanisme yang telah ditetapkan oleh undang-undang akan tetap perlu dilakukan penindakan.
  7. Apabila budaya politik uang masih terjadi, maka suara rakyat dapat dikatakan tidak tercermin apa adanya. Tidak berarti partai politik yang memiliki uang yang banyak akan melakukan politik uang. Demikian juga rakyat belum tentu mau menerima uang tersebut, sehingga tidak bisa langsung divonis hal tersebut memang terjadi.
  8. Presiden telah mempelajari hasil survei tentang sikap masyarakat terhadap politik uang dari berbagai lembaga survei. Dari hasil tersebut, diperlukan penyempurnaan undang-undang dan peraturan lainnya, terus membangun budaya politik yang baik, dan pastikan bahwa suara rakyat didengarkan.
  9. Apabila Pemilu terus berjalan dengan aman dan demokratis disertai pula dengan budaya demokratis dan budaya politik yang bebas dari hal yang tidak baik, maka akan terjadi kematangan politik.
  10. Masyarakat kita semakin matang dalam menyikapi proses politk. Hal ini dapat dilihat dari ketertiban yang ditunjukkan masyarakat ketika berkampanye. Ini menjadi modal, sehingga aparat keamanan tidak mengalami kesulitan untuk menjaga keamanan.
  11. Situasi politik kedepan akan diwarnai dengan persiapan pemilihan Presiden. Tugas presiden adalah memastikan dalam Pilpres dapat berlangsung dengan aman dan tertib, tugas partai politik mengajukan calon Presiden dan wakil Presiden, dan tangung jawab rakyat adalah memilih siapa pemimpin yang paling tepat.
  12.  selama proses politik ini, pemerintahan akan tetap berjalan. Oleh karena itulah, sidang hari ini sebagai contoh bahwa pemerintah akan melihat prioritas pembangunan selama enam bulan mendatang dan akan menuntaskan programnya.

 

Kedeputian Persidangan Kabinet, Sekretariat Kabinet