Rapat Terbatas Tanggal 2014-04-24 Jam 11:00:00

Rapat Terbatas | Tanggal 24 April 2014 | Pukul 11:00:00
1. Peraturan Presiden tentang Perubahan PEraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum 2. Perkembangan World Trade Organization (WTO)

  1. Agenda Rapat Terbatas membahas:
    1. Peraturan Presiden tentang Perubahan Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum. Kepala Badan Pertanahan Nasional akan mempresentasikan masalah ini dan menteri terkait dipersilakan memberikan masukannya. Pembahasan bertujuan untuk memastikan bahwa aturan di bidang pertanahan dapat dijalankan secara efektif, memberikan kepastian hukum, menggerakkan perekonomian, terutama pembangunan infrastruktur, dan membawa kebaikan bagi masyarakat lokal yang wilayahnya akan dibangun infratruktur atau pembangunan lainnya. Oleh karena itu, aturannya harus tepat, memberikan solusi yang tepat, mengalir dari undang-undang, dan berorietasi pada kepentingan bersama, terutama pembangunan infrastruktur;
    2. perkembangan World Trade Organization (WTO). Perdagangan internasional bersifat dinamis, berkembang dari masa ke masa, dan dapat terjadi benturan kepentingan antar negara. Oleh karena itulah, WTO sering kali kandas, karena adanya benturan kepentingan dari banyak negara dan melibatkan negara-negara besar, sedang, dan kecil. Indonesia termasuk salah satu negara ekonomi besar di dunia dan memiliki prospek yang baik, sehingga mempunyai peran yang besar untuk menata rezim perdagangan internasional yang baik, terutama dalam kerangka WTO maupun kerjasama perdagangan regional dan bilateral. Dalam konteks itulah, Menteri Perdagangan akan menyampaikan isu terkini di bidang perdagangan yang harus disikapi dengan tepat dan benar, karena berkaitan dengan kepentingan masyarakat.
  2. Presiden telah berpesan kepada staf Kepresidenan untuk menata rapat terbatas bersifat terbuka, meskipun tidak selalu terbuka. Hal ini bertujuan untuk menghindari pemberitaan di media massa yang menyatakan bahwa pada saat ini kegiatan pemerintahan berkurang, khususnya menjelang berakhirnya masa Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II. Oleh karena itu, pemerintah perlu menyampaikan kepada media massa mengenai kegiatan pemerintahan.
  3. Pada tanggal 22 April 2014 telah dilaksanakan rapat terbatas mengenai:
    1. kebijakan baru di bidang investasi. Pemerintah telah menetapkan bidang usaha dengan sistem investasi terbuka, tertutup, dan terbuka dengan syarat. Hal ini bertujuan memastikan ekonomi dapat tumbuh, berkembang, dan memperhatikan kepentingan nasional. Sistem tersebut dapat diterima oleh dunia usaha, baik investor dalam negeri maupun luar negeri. Dengan demikian, pemerintah telah memperhatikan kepentingan nasional, investasi, perkembangan ekonomi untuk kepentingan rakyat;
    2. perkembangan situasi terkini, termasuk upaya pemerintah untuk enam bulan mendatang. Meskipun, saat ini merupakan tahun Pemilu, tetapi ekonomi bangsa tetap terjaga.
  4. Sejauh ini, perkembangan ekonomi bangsa tetap terjaga. Hal ini terlihat ketika Presiden menerima tujuh orang Duta Besar (Dubes) yang menyerahkan surat-surat kepercayaannya kepada Presiden untuk memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) yang berlangsung secara damai dan demokratis. Oleh karena itu, semua pihak patut bersyukur atas kesuksesan penyelenggaraan Pileg. Terkait hal ini, Presiden telah mengapresiasi kepada para penyelenggara Pileg dan masyarakat.

Kedeputian Persidangan Sekretariat Kabinet