Sidang Kabinet Paripurna Tanggal 2014-04-29 Jam 14:00:00

Sidang Kabinet Paripurna | Tanggal 29 April 2014 | Pukul 14:00:00
Percepatan Pembangunan dan Persiapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas)

  1. Agenda Sidang Kabinet Paripurna membahas Percepatan Pembangunan dan Persiapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas).
  2. Pada tanggal 30 April 2014 akan dilaksanakan Musrenbangnas berkaitan dengan perencanaan pembangunan nasional untuk Tahun Anggaran (TA) 2015.
  3. Alasan pelaksanaan Musrenbangnas menjadi penting, yaitu:
    1. pemerintah telah merencanakan RKP dan RAPBN tahun 2015, tetapi pemerintahan mendatang yang akan melaksanakannya;
    2. tujuan pelaksanaan Musrenbangnas harus berjalan dengan baik adalah Presiden akan menyampaikan kepada Presiden dan pemerintahan mendatang mengenai rancangan untuk tahun 2015 agar dapat diketahui dan dipelajari lebih awal;
    3. pemerintah harus membangun asumsi yang tepat dan dapat dituangkan dalam RAPBN tahun 2015 dan RKP tahun 2015 agar kedua rancangan tersebut benar-benar tepat, dapat dicapai, dan menjawab isu dan tantangan yang dihadapi ditahun mendatang, artinya pemerintah dapat merumuskan sasaran yang tepat dan harapannya terhadap Presiden dan pemerintahan mendatang dapat melaksanakan RAPBN dan RKP dengan baik dan berhasil.
  4. Presiden mengapresiasi dan penghargaan kepada para gubernur dan wakil gubernur atas kerja sama dan kebersamaanya terhadap penyelenggaraan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dapat berjalan dengan damai, demokratis, aman, tertib, dan lancar.
  5. Pemerintah telah membuat tonggak baru dalam sejarah pematangan demokrasi dan ketika pada tahun 2019, maka dunia dan bangsa Indonesia akan mengatakan konsolidasi ataupun transisis demokrasi di Indonesia berlangsung dengan baik. Hal ini akan menjadi sejarah yang dinanti-nantikan oleh bangsa dan ditunggu oleh dunia.
  6. Meskipun ada laporan atau aduan dugaan penyimpangan, tetapi secara nasional dan menyeluruh, pemerintah dapat mengatakan bahwa Pileg berjalan secara damai dan demokratis. Dugaan penyimpangan apapun ada mekanisme penyelesaiannya dan pemerintah berharap semua dapat diselesaikan dengan baik, tuntas, dan adil.
  7. Sesaat lagi bangsa Indonesia akan memasuki tahap kedua dari Pemilu 2014, yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Presiden mengajak semua pihak dan memberikan instruksi kepada jajaran pemerintah agar sesuai amanah undang-undang untuk menyukseskan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.
  8. Tugas negara dan tugas pemerintahan untuk memastikan bahwa pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dapat berlangsung secara damai dan demokratis.
  9. Para calon Presiden sedang mempersiapkan dirinya masing-masing dan partai politik atau gabungan partai politik juga sedang mempersiapkan calon Presiden dan Wakil Presiden. Hal ini merupakan proses politik dan semua pihak telah mengetahui tanggung jawabnya masing-masing dalam rangka pemilihan Presiden tahun 2014.
  10. Hal terpenting, baik pemerintah pusat maupun daerah agar melakukan upaya sehingga pemilihan Presiden dapat berlangsung secara baik, damai, dan demokratis.
  11. Agenda pemerintah tidak hanya pelaksanaan Pemilu, baik Pileg maupun pemilihan Presiden. Pemerintah diwajibkan untuk menuntaskan tugas pemerintahan pada tahun kelima masa bakti Kabinet Indonesia Bersatu II. Oleh karena itu, enam bulan mendatang agar dilakukan semua pekerjaan pemerintahan, lakukan percepatan, dan penuntasan semua tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
  12. Setelah pengantar Presiden, para menteri koordinator diberikan waktu selama 10 menit untuk menyampaikan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dan dituntaskan bersama. Hal ini diperlukan sinergi dan koordinasi yang baik antara unsur pemerintah, baik sektoral maupun regional.
  13. Pada saat pelaksanaan Musrenbangnas, Presiden akan menyampaikan potret maupun perjalanan pemerintahan mengenai upaya pencapaian pemerintahan, upaya yang belum dicapai, dan tugas dan kewajiban lima tahun mendatang. Dengan demikian, semua pihak mengetahui tugas yang hendak dilaksanakan oleh pemerintahan di tahun mendatang.

Kedeputian Persidangan Sekretariat Kabinet