Rapat Terbatas Tanggal 2014-05-08 Jam 13:00:00

Rapat Terbatas | Tanggal 08 Mei 2014 | Pukul 13:00:00
Kejahatan Seksual terhadap Anak-Anak

Pointer Pengantar Rapat Terbatas
1.   Agenda Rapat Terbatas membahas Kejahatan Seksual Terhadap Anak.
2.  Banyaknya kasus kekerasan terhadap anak, misalnya yang terjadi di daerah konflik pada komunitas miskin secara absolut,  paksaan anak untuk bekerja walaupun belum saatnya, kekerasan di jalanan, atau ragam kekerasan lainnya yang menimpa anak-anak, termasuk kekerasan dalam rumah tangga, mendorong pemerintah untuk menguatkan perannya  yang melekat pada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
3.   Kejahatan yang terjadi saat ini berbeda, meskipun tetap dalam lingkup perlindungan anak dan kasus tersebut sering terjadi di dalam dan luar negeri. Oleh karena itu, Presiden menganggap masalah ini serius dan tidak boleh dianggap sebagai business as usual.
4.   Setelah Presiden mendapatkan laporan dari para menteri terkait, Presiden ingin diadakan pembahasan kembali secara lebih detail minggu depan dengan mengundang pemangku kepentingan lainnya, seperti Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan berbagai pihak yang memiliki kepedulian terhadap masalah ini. Kemudian, jadikan gerakan yang sangat progresif untuk menyelamatkan anak-anak.
5.   Trauma akan dibawa seumur hidup dan berpengaruh terhadap kejiwaan. Oleh karena itu, pemerintah akan serius menyelesaikan masalah ini dan bekerja secara all out.
6.   Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat akan melaporkan terlebih dahulu, kemudian akan dilanjutkan pembahasan secara lebih mendalam.
 
Kedeputian Persidangan Kabinet, Sekretariat Kabinet