Rapat Terbatas Tanggal 2014-07-03 Jam 10:30:00

Rapat Terbatas | Tanggal 03 Juli 2014 | Pukul 10:30:00
Masalah Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan

Pointers Pengantar Presiden:

  1. Agenda Rapat Terbatas mendengarkan laporan kesiapan pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 yang akan disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.
  2. Jajaran Kepolisian dan jajaran TNI harus siap mengemban tugas pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.
  3. Tugas nasional adalah memastikan keseluruhan Pemilu, mulai Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dapat berlangsung secara demokratis, aman, tertib, dan lancar.
  4. Posisi TNI dan Polri dalam Pemilu ini bersifat netral. Domain Polri dan TNI adalah memastikan penyelenggaraan Pemilu berlangsung secara aman, tertib, dan lancar.
  5. Penyelenggara Pemilu, yaitu KPU dan Bawaslu juga memegang peranan yang penting.
  6. Negara dan Presiden tidak ingin ada tindakan pasca pemungutan  suara yang seharusnya tidak terjadi, misalnya aksi kekerasan, tindakan destruktif atau main hakim sendiri yang akan mencoreng perjalanan, pematangan, dan konsolidasi demokrasi yang telah berlangsung dengan baik. Oleh karena itu, semua pihak harus berupaya mencegah hal tersebut terjadi.
  7. Presiden akan menyampaikan press statement setelah berlangsung Ratas ini. Dengan demikian, masyarakat dapat mendengarkan langsung tekad, komitmen, dan upaya pemerintah yang akan dilakukan untuk negara, terutama upaya yang akan dilakukan oleh jajaran TNI dan Polri.

 

Kedeputian Persidangan Kabinet Sekretariat Kabinet