Sidang Kabinet Paripurna Tanggal 2014-09-05 Jam 14:00:00

Sidang Kabinet Paripurna | Tanggal 05 September 2014 | Pukul 14:00:00
Penjelasan "Transisi"

 

Pointers Pengantar Presiden:

  1. Agenda Sidang Kabinet Paripurna membahas langkah yang harus pemerintah lakukan untuk membantu Presiden terpilih beserta tim agar pada saatnya nanti siap untuk menjalankan tugas sebagai Presiden Indonesia yang baru memimpin pemerintahan.

  2. Hal ini perlu dibahas mengingat belum ada kesamaan pengertian dari sebagian anggota tim Presiden terpilih, Joko Widodo  sehingga Presiden SBY kerap mendapatkan pertanyaan dari pejabat pemerintahan yang lain menyangkut apa yang harus dilakukan. Oleh karena itu, lebih baik disampaikan hari ini agar sisa masa bakti pemerintahan dapat menjalankan proses transisi dengan baik.

  3. Presiden ingin meluruskan sebagian anggapan yang menyatakan bahwa saat ini adalah masa pemerintahan bersama. Saat ini Presiden SBY dan KIB II berdasarkan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2009 masih bertanggung jawab sampai tanggal tanggal 20 Oktober 2014. Sejak tanggal 20 Oktober 2014, saat Presiden terpilih mengucapkan sumpahnya, maka berakhirlah masa bakti KIB II dan beralih ke Presiden terpilih.

  4. Presiden memberikan arahan agar memberikan seluruh informasi secara utuh kepada tim dari Presiden terpilih. Dengan proses ini diharapkan dapat memberikan penjelasan mengenai agenda utama yang tengah dijalankan pemerintah dan dapat disampaikan isu penting atau permasalahan sehingga membantu Presiden terpilih untuk mempersiapkan diri mengemban tugas pada tanggal 20 Oktober 2014.

  5. Pertemuan Presiden SBY dan Jokowi berlangsung dengan baik di Bali, tetapi elemen pembicaraannya tidak semua disampaikan kepada media massa karena ada yang yang perlu dijelaskan ke media massa dan ada yang tidak perlu dijelaskan ke media massa.

  6. Dalam pertemuan tersebut, ada kesepakatan mengenai adanya sikap tidak saling salah menyalahkan kebijakan. Masing-masing pihak mempunyai kewajibannya masing-masing. Presiden terpilih akan menempuh kebijakan sesuai dengan janji beliau di masa kampanye. Sedangkan pemerintahan saat ini konsisten menjalankan kebijakan berdasarkan RKP 2014 dan APBN 2014. Hal ini merupakan tanggung jawab Presiden dan pemerintahan saat ini.

  7. Masa transisi diharapkan dapat berlangsung dengan tertib. Dari pihak Presiden terpilih akan memberikan mandat siapa yang akan berkomunikasi kepada pemerintahan secara tertulis. Dari sisi pemerintah akan menunjuk Menko Polhukam, Menko Perekonomian, dan Menteri Sekretaris Negara. Apabila memerlukan penjelasan hal-hal yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat maka Presiden akan menugaskan para menteri koordinator dan menteri di bidangnya masing-masing.

  8. Presiden dan Wakil Presiden akan memberikan pengawasan agar masa transisi berlangsung dengan baik.

  9. Sejak Indonesia merdeka, proses masa transisi kepemimpinan yang baik baru terjadi pada masa pemerintahan saat ini. Situasi yang baik untuk menyukseskan kepemimpinan. Oleh karena itu, mari bersama mengukir sejarah yang baru ini sehingga menjadi tradisi politik sejak sekarang dan ke depannya.

  10. Tradisi peralihan kepemimpinan yang saat ini sedang dilakukan diharapkan tetap terus dilakukan di masa datang, sehingga terjadi proses transformasi kepemimpinan dapat dilakukan secara baik.

  11. Dalam kunjungan Kenegaraan Presiden ke Timor Leste dan Singapura, kedua kepala negara berharap hubungan bilateral yang telah terjalin dengan baik dapat dijalankan hingga di masa pemerintahan mendatang.

Kedeputian Persidangan Kabinet, Sekretariat Kabinet