Rapat Terbatas Tanggal 2014-09-14 Jam 16:00:00

Rapat Terbatas | Tanggal 14 September 2014 | Pukul 16:00:00
Perkembangan ISIS di Tingkat Dunia dan Dampaknya Terhadap Indonesia

 

Pointers Pengantar Presiden:

  1. Agenda Rapat Terbatas membahas mengenai Perkembangan ISIS di Tingkat Dunia dan Dampaknya Terhadap Indonesia.
  2. Pelaksanaan Rapat Terbatas terlambat, karena Presiden sedang menuntaskan permasalahan yang berkaitan dengan keadaan politik pada tingkat nasional, yaitu sistem pemilihan kepala daerah.
  3. Pada Jumat lalu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dan Menteri Dalam Negeri melaporkan kepada Presiden mengenai perkembangan dan dinamika situasi politik, terutama situasi yang berada di parlemen yang berkaitan dengan pilihan sistem Pilkada untuk masa mendatang. Dalam hal ini, Presiden dimintakan pendapatnya untuk mencari solusi dan opsi yang terbaik dalam menyelesaikan masalah tersebut. Presiden berharap supaya negara ini dapat memiliki sistem dan tatanan yang tepat.
  4. Ketika pemerintah akan menentukan sistem yang tepat, maka perlu dipertimbangkan kembali apa semangat reformasi dan memperhitungkan penyimpangan yang terjadi. Inilah yang akan diletakkan dalam satu zona untuk mendapatkan opsi atau solusi yang akan dituangkan dalam sistem undang-undang yang berlaku ke depannya.
  5. Agenda Rapat Terbatas sore ini adalah untuk memikirkan langkah yang perlu dilakukan pada tingkat nasional yang berkaitan dengan perkembangan dan dinamika yang disebut dengan ISIS yang saat ini menjadi topik di tingkat internasional. Isu ini menjadi gaduh pada tingkat dunia dan lebih bagus bahwa pemerintah bersikap pro aktif untuk berkontribusi yang dapat dilakukan untuk bersama masyarakat dunia sehingga dapat menghentikan berbagai tindakan kekerasan.
  6. Selain itu, ada sejumlah tindakan kepolisian yang berhasil untuk menggagalkan gerakan yang masih ingin melakukan aksi kekerasan. Hal ini menandakan bahwa pemerintah perlu meningkatkan kewaspadaan di tingkat nasional.

Kedeputian Persidangan Kabinet, Sekretariat Kabinet