Rapat Terbatas Tanggal 05 December 2017 Pukul 10:00:00

Rapat Terbatas | Tanggal 05 Desember 2017 | Pukul 10:00:00
Evaluasi Pelaksanaan Program Beras Sejahtera (Rastra) dan Program Bantuan Pangan Non Tunai

  1. Agenda Rapat Terbatas (Ratas) membahas Evaluasi Pelaksanaan Program Beras Sejahtera (Rastra) dan Program Bantuan Pangan Non Tunai.
  2. Program rastra mencakup lebih dari 15 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Apabila 1 KPM terdiri dari 4 orang, artinya rastra mempengaruhi kesejahteraan 60 juta jiwa.
  3. Anggaran program rastra tidak sedikit, yaitu sebesar Rp21 triliun dengan dampak dan biaya yang sangat besar. Dengan demikian, pemerintah harus menjadikan program rastra sebagai program prioritas. Jangan sampai energi pemerintah habis dikarenakan hal-hal kecil yang dampaknya juga kecil.
  4. Sejak 2017, penyaluran program rastra mulai diubah dengan kartu dan telah dilakukan uji coba di 44 kota dengan melibatkan 1,2 juta KPM. Jumlah penerima manfaat tersebut agar jangan ditambah lagi terlebih dahulu sebelum dilakukan pengecekan dan evaluasi untuk memastikan program telah benar-benar berjalan dengan baik di lapangan.
  5. Presiden mengingatkan kembali bahwa pada Maret 2018 akan dilakukan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang menjadi perhitungan angka kemiskinan. Dalam Susenas, Badan Pusat Statistik (BPS) akan memberikan pertanyaan terkait penerimaan rastra dalam 4 bulan terakhir. Oleh karena itu, Presiden mengharapkan agar pendistribusian rastra jangan sampai mengalami keterlambatan seperti pada 2017. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) agar mengoordinasikan Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Direktur Utama Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk terus mengikuti perkembangan rastra, sehingga benar-benar sampai pada KPM dan tidak terlambat 1 hari pun.