Rapat Terbatas Tanggal 18 December 2017 Pukul 16:30:00

Rapat Terbatas | Tanggal 18 Desember 2017 | Pukul 16:30:00
Persiapan Natal dan Tahun Baru

1. Agenda Rapat Terbatas (Ratas) membahas Persiapan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.
2. Beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian seluruh jajaran pemerintah, yaitu:
a. Pemerintah harus tetap mengantisipasi ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga pangan meskipun upaya tersebut rutin dilakukan setiap tahun. Ketersediaan dan stabilitas harga pangan perlu mendapat perhatian yang serius mengingat telah terjadi cuaca ekstrem dan bencana di beberapa daerah. Selain itu, jajaran pemerintah juga harus memberikan perhatian terhadap kelancaran pendistribusian logistik, baik berupa pangan, Bahan Bakar Minyak (BBM) maupun Liquefied Petroleum Gas (LPG).
b. Berkaitan dengan pelayanan transportasi, pada akhir 2017 terdapat libur yang sangat panjang bertepatan dengan momen liburan sekolah, sehingga kebutuhan pelayanan transportasi semakin meningkat. Oleh karena itu, pemerintah harus memastikan layanan transportasi mudah diakses oleh masyarakat, aman, dan nyaman. Utamakan keselamatan warga dalam menggunakan sarana transportasi, baik darat, laut, maupun udara.
c. Kepolisian Negara Republik Indonesia, Tentara Nasional Indonesia, dan Badan Intelijen Negara agar berkoordinasi dalam mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban, serta mampu menghadirkan rasa aman kepada masyarakat dengan meningkatkan pengawasan dan pengamanan terhadap tempat-tempat publik, seperti tempat ibadah, bandar udara, pelabuhan, stasiun, dan terminal bus.
d. Masyarakat agar dilibatkan dalam menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masing-masing.