Sidang Kabinet Paripurna Tanggal 05 December 2018 Pukul 14:30:00

Sidang Kabinet Paripurna | Tanggal 05 Desember 2018 | Pukul 14:30:00
1. Capaian Tahun ke-4 RPJMN 2015-2019 2. Evaluasi Belanja Kementerian/Lembaga

1. Agenda Sidang Kabinet Paripurna (SKP) membahas Capaian Tahun Ke-4 Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dan Evaluasi Belanja Kementerian/Lembaga (K/L).
2. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Presiden pada Rapat Terbatas (Ratas) dan SKP sebelumnya bahwa pada 2019, pemerintah akan melakukan pergeseran strategi untuk masuk ke program pembangunan sumber daya manusia (SDM) secara besar-besaran. Oleh karena itu, seluruh menteri dan pimpinan lembaga agar memasukkan program pembangunan SDM sebanyak-banyaknya ke dalam rencana kerja K/L-nya. Sebagai contoh:
a. Pada Januari 2019, Kementerian Ketenagakerjaan agar mulai melaksanakan program Balai Latihan Kerja (BLK) di 1.000 pondok pesantren.
b. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar mulai melaksanakan program sertifikasi tenaga teknik di lapangan lebih awal di 2019.
c. Pada awal 2019, Kementerian Pertanian (Kementan) agar melakukan training untuk beberapa ratus Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) ke luar negeri, seperti Taiwan yang pertaniannya berkembang baik dan memiliki hubungan kerja sama dengan Kementan. Dengan demikian, pada pertengahan 2019, pemerintah dapat melakukan evaluasi secara cepat mengenai program-program yang dapat meningkatkan skill dan produktivitas.
d. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar dapat segera melakukan training upgrading skill dalam jumlah yang sangat besar, bukan hanya terhadap pegawai BUMN, tetapi dapat juga mengikutsertakan masyarakat di sekitar lingkungan BUMN.
e. K/L lain diharapkan dapat mengadopsi dan mengerjakan model program pembangunan SDM yang sering disampaikan Presiden, seperti Kementerian Pariwisata melaksanakan program yang berkaitan dengan vocational training, sekolah vokasi, dan training-training dengan kelas terbuka di daerah-daerah yang memiliki potensi pariwisata yang bagus.
f. Program kerja sama antara industri dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dilakukan oleh Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan program yang harus ditingkatkan secara besar-besaran, dengan catatan terdapat super deduction tax dalam melakukan berbagai training tersebut.
g. Program di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perhubungan, dan K/L lain yang berkaitan dengan training pengembangan SDM di K/L tersebut dan melibatkan masyarakat harus dilakukan pada awal 2019.