Rapat Terbatas Tanggal 13 May 2020 Pukul 10:00:00

Rapat Terbatas | Tanggal 13 Mei 2020 | Pukul 10:00:00
Lanjutan Pembahasan Antisipasi Kebutuhan Bahan Pokok

1. Agenda Rapat Terbatas (Ratas) membahas Lanjutan Pembahasan Antisipasi Kebutuhan Bahan Pokok. 

2. Ratas ini merupakan rapat yang ke-3 membahas mengenai Antisipasi Kebutuhan Bahan Pokok, mengingat urusan stok, ketersediaan, dan stabilitas harga penting untuk dimonitor setiap hari dan setiap minggu.

3. Sebagaimana telah sering disampaikan oleh Presiden agar seluruh pimpinan kementerian atau lembaga (K/L) menyikapi secara hati-hati peringatan dari Food and Agriculture Organization (FAO) mengenai krisis pangan, karena adanya pandemik Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

4. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) pada April 2020, bahan pangan justru mengalami deflasi sebesar 0,13%. Hal tersebut menunjukkan adanya indikasi penurunan permintaan bahan-bahan pangan yang artinya daya beli masyarakat menurun. Oleh karena itu, pemerintah telah meluncurkan bantuan sosial (bansos) tunai untuk 9 juta keluarga, Bantuan Lansung Tunai (BLT) Desa dari Dana Desa untuk 11 juta keluarga, kartu sembako, Program Keluarga Harapan (PKH), dan padat karya tunai yang diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

5. Berikut 2 (dua) hal yang menjadi perhatian Presiden berkaitan dengan ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga, yaitu:

a. Harga rata-rata nasional bawang merah masih berada pada posisi Rp51.000 dan masih jauh dari harga acuan, yakni Rp32.000.

b. Harga gula pasir sampai saat ini masih berkisar antara Rp17.000 sampai Rp17.500 padahal harga eceran tertinggi (HET) berada di posisi Rp12.500.

Sehubungan dengan hal tersebut, pimpinan K/L agar melihat dan mencari tahu letak permasalahan yang ada, baik yang terkait dengan urusan distribusi, stok yang kurang ataupun terdapat pihak-pihak yang sengaja mempermainkan harga untuk mendapatkan sebuah keuntungan yang besar. Oleh karena itu, permasalahan tersebut agar benar-benar dicek dan dikontrol di lapangan, sehingga harga dan semuanya dapat terkendali serta daya beli masyarakat dapat meningkat.