Rapat Terbatas Tanggal 27 May 2020 Pukul 11:30:00

Rapat Terbatas | Tanggal 27 Mei 2020 | Pukul 11:30:00
Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19

1. Agenda Rapat Terbatas (Ratas) membahas Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19.

2. Beberapa hal yang ditekankan Presiden untuk menjadi perhatian para menteri dan Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), sebagai berikut:

a. Pengendalian arus balik penting untuk dikendalikan agar tidak terjadi sirkulasi bolak-balik dalam penyebaran virus yang berpotensi untuk memunculkan gelombang yang kedua, terutama di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Berdasarkan data terakhir pada pagi hari tanggal 27 Mei 2020, tren Basic Reproduction Number (R0) dan Effective Reproduction Number (Rt), Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta sudah berada di bawah 1, sehingga perlu untuk terus ditekan agar lebih menurun lagi.

b. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan kementerian terkait agar fokus pada provinsi yang memiliki kasus baru cukup tinggi, seperti di Pulau Jawa dan khususnya untuk Provinsi Jawa Timur agar dibantu dan didukung penuh, khususnya yang berkaitan dengan kesiapan rumah sakit rujukan dan rumah sakit darurat. Menteri Kesehatan dan Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 agar benar-benar menjadikan Provinsi Jawa Timur sebagai perhatian. Hal-hal yang berkaitan dengan percepatan pengujian sampel dan pelacakan yang terpapar di Provinsi Jawa Timur agar benar-benar dilaksanakan langkah-langkah pengendalian, termasuk provinsi lain di luar Pulau Jawa yang penambahan kasus barunya masih cukup tinggi, seperti Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Papua, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

c. Target uji spesimen sebanyak 10.000 per hari yang telah diminta Presiden beberapa bulan yang lalu agar dikejar, sehingga benar-benar terdapat sebuah kecepatan.