Rapat Terbatas Tanggal 13 October 2020 Pukul 09:00:00

Rapat Terbatas | Tanggal 13 Oktober 2020 | Pukul 09:00:00
Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

1. Agenda Rapat Terbatas (Ratas) membahas Antisipasi Bencana Hidrometeorologi.
 
2. Presiden telah menerima laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait fenomena La Nina yang diprediksi akan menyebabkan peningkatan akumulasi jumlah curah hujan bulanan di Indonesia sebanyak 20-40% di atas normal. 
 
3. Berkaitan dengan perkiraan peningkatan akumulasi jumlah curah hujan di Indonesia tersebut, berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan oleh para pimpinan kementerian/lembaga (K/L):
 
a. Seluruh pimpinan K/L agar menyiapkan diri untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi.
 
b. Pimpinan K/L terkait agar benar-benar menghitung dampak La Nina terhadap produksi di sektor pertanian, serta dampak di sektor perikanan, dan sektor perhubungan. Hal itu penting karena peningkatan akumulasi jumlah curah hujan di Indonesia sebanyak 20-40% bukanlah peningkatan yang kecil.
 
c. Pimpinan K/L agar menyebarluaskan informasi mengenai perkembangan cuaca secepat-cepatnya ke seluruh provinsi dan daerah, sehingga seluruh pihak mengetahui kondisi kenaikan curah hujan di Indonesia selama beberapa bulan ke depan.